Kamis, 18 Oktober 2012

Khalifah Umar bin Khatab

-->
Umar bin Khatab

Umar bin Khatab dilahirkan 12 tahun setelah kelahiran Rasulullah SAW. Ayahnya bernama Khattab dan ibunya bernama Khatmah. Beliau dibesarkan di dalam lingkungan Bani Adi,salah satu kaum dari suku Quraisy.Beliau merupakan khalifah ke dua di dalam islam setelah Abu Bakar As Siddiq.Nasabnya adalah Umar Bin Khatab Bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qarth bin Razah bin 'Adiy bin Ka'ab bin Lu'ay bin Ghalib.
Sebelum masuk islam, Umar Bin Khattab dikenal sebagai orang yang keras permusuhannya dengan kaum muslimin, bertaklib kepada ajaran nenek moyangnya,dan melakukan perbuatan-perbuatan jelek yang umumnya dilakukan kaum jahilliyah. Beliau masuk islam pada bulan Dzulhijjah tahun ke-6 kenabian,tiga hari setelah Hamzah bin Abdul Muthalib masuk islam.
Keislaman beliau telah memberikan andil besar bagi perkembangan dan kejayaan islam. Beliau adalah pemimpin yang adil, bijaksana, tegas, disegani, dan selalu memperhatikan urusan kaum muslimin. Pemimpin yang menegakkan ketauhidan dan keimanan, merobohkan kesyirikan dan kekufuran, menghidupkan sunah dan mematikan bid'ah. Beliau adalah orang yang paling baik dan paling berilmu tentang al-Kitab dan as-Sunnah setelah Abu Bakar As-Siddiq.
Pada masa kepemimpinannya kekuasaan islam bertambah luas. Beliau berhasil menaklukan Persia,Mesir,Syam,Irak,Burqah, Tripoli bagian barat,AzerbaiJan,Jurjan,Basrah,Kufah,dan Kairo. Dalam masa kepemimpinan 10 tahun Umar bin Khattab itullah penaklukan-penaklukan penting dilakukan islam. Dalam pertempuran Yarmuk (636), pasukan islam berhasil memukuli habis kekuatan Byzantium. Damaskus jatuh pada tahun itu juga, dan Darussalam menyerah 2 tahun kemudian. Menjelang tahun 641, pasukan islam telah menguasai seluruh Palestina dan Suriah, dan terus menerjang maju kedaerah yang kini bernama Turki.
Tahun 639, pasukan islam menyerbu Mesir yang juga saat itu dibawah kekuasaan Byzantium. Dalam tempo tiga tahun menaklukan Mesir ditaklukan dengan sempurna.
Dengan kecerdasannya beliau menelurkan konsep-konsep baru seperti menghimpun Al-qur'an dalam bentuk mushaf, menetapkan tahun hijriah sebagai kalender umat islam, membentuk negara (Baitul Maal), menyatukan orang-orang yang melakukan solat sunnat tarawih dengan satu imam, menciptakan lembaga peradilan, membentuk lembaga perkantoran, membangun balai pengobatan, membangun tempat penginapan, memanfaatkan kapal laut untuk perdagangan, menetapkan hukuman cambuk bagi peminum “khamr” (minuman keras) sebanyak 80 kali cambuk, mencetak mata uang dirham, audit bagi para pejabat serta pegawai dan juga konsep lainnya.
Kebijaksanaaan dan keadilan Umar Bin Khattab ini dilandasi oleh ke khawatirannya terhadap rasa tanggung jawabnya kepada Allah SWT sehingga jauh-jauh hari Umar bin Khattab sudah mempersiapkan penggantinya jika kelak dia wafat. Sebelum wafat,Umar berwasiat agar urusan khalifah dan pimpinan pemerintahan,dimusyawarahkan oleh 6 orang yang telah mendapat ridha nabi SAW. Mereka dalah Utsman bin Affan, Ali bin Abu thalib.Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa'ad bin Abi Waqqash, dan Abdurahman bin Auf. Umar menetapkan salah seorang dari mereka,dengan berkata, aku tidak mau bertanggung jawab selagi hidup sesudah mati. Kalau Allah menghendaki kebaikan bagi kalian,maka Allah akan melahirkan atas kebaikan mereka (keenem orang itu) sebagaimana telah ditimbulkan kebaikan bagi kamu oleh Nabi mu.
Pada hari Rabu bulan Dzulhijjah tahun 23 H Umar bin Khattab wafat, Beliau ditikam ketika sedang melakukan Shalat Subuh oleh seorang Majusi yang bernama Abu Lu'luah,budak milik al-Mughirah bin Syu'bah diduga ia mendapat perintah dari kalangan Majusi. Umar bin Khattab dimakamkan di samping Nabi SAW dan Abu Bakar as Siddiq. Beliau wafat dalam usia 63 tahun.








Sifat Umar bin Khattab ;

  1. Adil
  2. Bijaksana
  3. Tegas
  4. baik
  5. pemberani
  6. cerdas
  7. jujur
  8. sabar
  9. disegani
  10. pantang menyerang
  11. bertanggung jawab
  12. dermawan

Ciri-ciri Umar bin Khattab
-Tinggi besar dan tegak dengan otot otot yang menonjol dari kaki dan tangannya
-Jenggot yang lebat dan berwajah tampan
-Warna kulitnya coklat kemerah-merahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar