Kamis, 11 Oktober 2012

Sukses Menjadi Penulis


Sukses Menjadi Penulis
Bagi sebagian orang menulis ialah hal yang susah karena mereka belum terbiasa. Kegiatan menulis dianggap gampang-gampang susah. Gampang kalau sudah sering melakukannya dan susah kalau belum terbiasa,untuk memeperolehnya harus BELAJAR dan BERLATIH. Membiasakan diri,itulah kuncinya.

1. Menulis Itu Tidak Sulit
   Anggapan bahwa menulis itu sulit hanya sebuah mindset yang harus diubah. Karena pada dasarnya menulis adalah sebuah keberanian.Bagi yang menganggap menulis itu mudah,mereka dengan leluasa mencetak blueprint sebuah pemikiran ke dalam sebuah tulisan. Menyusun tiap kata menjadi kalimat,dan merangkai kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf.Menulis bukanlah sebuah bakat,akan tetapi sebuah kebiasaan yang harus terus ditingkatkan kapasitasnya.
   Penulis pemula perlu intens untuk senantiasa melatih jari-jari dalam menggoreskan pena atau menariknya di atas tuts keyboard. Meski hanya menuangkan cerita sehari-hari,ide,opini, ata kritikan dalam beberapa kalimat. Lambat laun dari kebiasaan kecil ini,penulis akan menemukan ritme dalam menulis,dan tak jarang akan menemukan teori menulis berdasarkan pengalaman pribadi.
Menulis adalah sesuatu yang Universal,karenanya tidak ada batasan dalam menulis,semua yang da di depan mata pun bisa menjadi objek tulisan.
“There is nothing impossible in the world”,dalam hal ini bahwa menulis bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan semua orang.
           Diawali dari tekad yang kuat,mau membaca,mau belajar,selalu         mencoba dan tak putus asa bisa menjadikan anda seorang penulis         handal.Penulis yang sukses bisa dinilai dari banyaknya orang yang      ingin membaca hasil karya yang disajikan.

2. Pondasi Awal Menulis
        A. Menulis Artikel
        Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menulis artikel adalah:
        -Persiapan menulis
           Persiapan menulis diawali dari munculnya ide/gagasan.Gagasan      ini merupakan bahan utama yang nantinya bisa menjadi ruh yang    bisa menghidupkan artikel yang dibuat.
        -Proses menulis
           Sebagai penulis pemula,kita tetap perlu berpegang kepada    ejaan yang telah disempurnakan (EYD). Agar nantinya kita        senantiasa terbiasa,kaidah semacam ini sangat mendukung karakter hasil tulisan yang dihasilkan.
        -Menentukan judul
           Judul bisa dibuat di awal tulisan atau di akhir tulisan. Judul         mencerminkan seluruh isi tulisan.Judul tidak perlu panjang-       panjang,empat sampai enam kata,simple,mudah dipahami,dan        menarik. Misalnya kita ambil judul sederhana “Mengenal Lebih Jauh         Leptospirosis” atau judul yang lain yang menggunakan anak judul      “Kenali gejala dini : Cegah Kematian Akibat DBD”


        ^^Bersambung^^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar